Thursday, February 9, 2017

Budhale Koyo Buto, Mulihe Koyo Arjuno

Budhale Koyo Buto, Mulihe Koyo ArjunoPengen Banget Beol- Mungkin untuk sekarang banyak yang tidak tahu atau bahkan tidak pernah mendengar kalimat tersebut, Budhale Koyo Buto Mulihe Koyo Arjuno. Ya benar, kalimat ini merupakan salah satu peribahasa bahasa jawa yang notabene untuk saat ini bahasa jawa sudah tidak terlalu diperhatikan lagi pada pelajaran-pelajaran sekolah. Mungkin tidak hanya bahasa jawa saja, bahasa daerah lainnya sepertinya punya nasib yang sama. Padahal bahasa daerah merupakan alat komunikasi utama dalam lingkungan yang belum tentu masyarakatnya bisa menguasai bahasa indonesia. Apalagi bahasa jawa yang memiliki banyak sekali kosakata dan penerapannyapun berbeda-beda dalam berkomunikasi.

baca juga : Syarat Mengurus Ijasah Hilang

Kembali ke topik bahasan, judul diatas jika diucapkan menggunakan bahasa indonesia menjadi Berangkatnya Seperti Raksasa Pulangnya Seperti Arjuna. Raksasa, sosok dalam pewayangan atau cerita-cerita fiksi yang menggambarkan sesuatu yang menyeramkan, tinggi besar, rambut panjang acak-acakan, gigi besar dan atau bertaring dan mempunyai sifat galak serta kasar. Sedangkan Arjuna, merupakan salah satu tokoh legendaris dalam pewayangan atau wayang orang yang mempunyai sifat lemah lembut akan tetapi sangat tegas.

Namun jika peribahasa tersebut diucapkan menggunakan bahasa indonesia maka akan terdengar aneh, karena memang dasarnya adalah peribahasa bahasa jawa. Dan saya yakin semua orang di dunia pernah mengalami Budhale Koyo Buto, Mulihe Koyo Arjuno. Ya sudah, tidak usah bertele-tele lagi. Arti sebenarnya dari peribahasa tersebut yaitu Orang Kebelet BAB. Tapi ada syaratnya, situasi dan kondisi harus benar-benar kebelet. Mungkin buat yang belum benear-benar kebelet tidak masuk dalam kategori ini.

Mungkin sobat laresawo bertanya dalam hati, "hubungannya apa?" dan "mengapa disebut Budhale Koyo Buto, Mulihe Koyo Arjuno?". Untuk menjawabnya silahkan kembali ke paragraf ke dua tentang Raksasa dan Arjuna. Lalu silahkan cari orang yang sudah kebelet BAB atau mungkin anda sendiri juga bisa. Dan apa yang terjadi ? Pasti mereka akan buru-buru lari menuju ke toilet, bahkan mungkin kalau ada orang atau sesuatu di depannya akan ditabrak begitu saja layaknya seorang Raksasa yang sedang mengamuk. Kemudian setelah selesai melakukan ritualnya di dalam toilet, coba apa yang mereka atau sobat blogger lakukan ? Yang pasti dengan bangga akan melangkah keluar dengan tenang, santai, lembut layaknya seorang Arjuna.

simak yang ini : Cara Cepat Membuat Efek Infrared

Nah, mungkin dari penjelasan diatas ada diantara sobat laresawoo yang setuju dan tidak. Tapi semua kembali kepada masing-masing dalam menyikapinya. Yang pasti, peribahasa Budhale Koyo Buto, Mulihe Koyo Arjuno bukan sebuah kalimat fiksi. Karena memang benar-benar ada di dalam peribahasa bahasa jawa. 

Silahkan bagi yang setuju atau tidak memberikan komentar disertai alasan yang jelas jika perlu. Ha-ha-ha-ha. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan tambahan pengetahuan tentang salah satu budaya indonesia yang saat ini mulai di kesampingkan kontribusinya. Sampai jumpa pada artikel menarik selanjutnya.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

- Pengunjung yang hebat pasti meninggalkan komentar
- Komentar IKLAN / LINK AKTIV tidak akan di Publish
- Komentar mengandung unsur SARA tidak akan di Publish
- Komentarlah dengan bijak sesuai topik artikel
- Komentar anda menjadi undangan bagi saya