Thursday, April 20, 2017

Syarat Pembuatan NPWP Pribadi (Usaha)

Syarat Pembuatan NPWP Pribadi (Usaha)Cara Membuat NPWP - Tidak pernah terfikir oleh saya kalau akhirnya saya harus membuat NPWP. Meskipun bagi saya langkah-langkah untuk membuat sebuah NPWP Pribadi atau Usaha tidaklah rumit. Namun bagi sobat blogger yang rumahnya sangat jauh dari kota, saya yakin pasti akan malas jika harus pergi ke kota hanya untuk mengurus hal tersebut. Tetapi keadaan akan berbeda jika ada sebuah tuntutan dari instansi tertentu untuk membuat sebuah NPWP.

Sebagai contoh saya sendiri. Selama 6 tahun berwiraswasta kecil-kecilan, saya tidak pernah berfikir untuk membuat NPWP. Karena memang belum atau tidak paham dan disisi lain memang buat saya belum perlu. Namun di awal tahun 2017 ini saya mendapatkan job dari salah satu instansi pemerintah untuk mengerjakan sesuatu. Dengan senang hati saya menyanggupinya. Seminggu sebelum pekerjaan tersebut selesai, tiba-tiba ada kiriman surat dari Team Envato Market yang isinya semacam Tax Amnesty. Berhubung saya masih bingung dengan kedatangan surat tersebut, saya langsung menghubungi pihak Envato Market lewat e-mail.

jangan lewatkan : Semakin Susah Menjual Desain Di Envato Market

Sambil menunggu balasan dari pihak Envato, saya masih melanjutkan pekerjaan pada instansi pemerintah tersebut sampai selesai. Dan akhirnya ada balasan e-mail dari pihak envato market yang intinya "jika saya tidak mempunyai NPWP (minimal) maka setiap desain saya yang laku akan dikenakan potongan sebesar 30%". Akhirnya mau tidak mau saya harus membuat NPWP dari pada kena potongan 30%. Bisa sobat blogger bayangkan jika desain saya laku dengan harga $30, kemudian kena potongan 30% maka saya hanya menerima kurang lebih $20. 

Cara Mengurus NPWP Pribadi Atau Usaha Perorangan

1. Foto Copy KK (kartu keluarga) 1 lembar
2. Foto Copy KTP 1 lembar

Langkah-langkah pengurusan :
  • Datang ke Kantor Pajak terdekat di kota anda
  • Ambil nomor antrian
  • Minta formulir registrasi kepada petugas terkait
  • Isi sesuai contoh yang sudah ada disitu
  • Menunggu panggilan
  • Berkas masuk ke petugas terkait
  • Kembali lagi esok hari untuk mendapatkan penjelasan mengenai NPWP
  • Bayar NPWP
  • Selesai
simak juga : Minimnya Pengetahuan Komputer Pada Sekolah Dasar

Mungkin sobat laresawoo ada yang bertanya-tanya, kenapa sampai 2 hari ? Mungkin waktu itu saya datangnya agak siang atau memang prosedurnya seperti itu di tempat saya. Yang jelas pada waktu petugas memberi penjelesan, kita akan ditanya penghasilan per bulan. Karena besarnya NPWP yang harus kita bayar diambil dari sekian persen dari total penghasilan kita.

Semoga penjelasan diatas bisa memberikan manfaat bagi sobat blogger yang niat membuat NPWP. Sampai jumpa pada artikel berikutnya. Salam.
Artikel Menarik Lainnya
Previous Post
Next Post

0 komentar:

- Pengunjung yang hebat pasti meninggalkan komentar
- Komentar IKLAN / LINK AKTIV tidak akan di Publish
- Komentar mengandung unsur SARA tidak akan di Publish
- Komentarlah dengan bijak sesuai topik artikel
- Komentar anda menjadi undangan bagi saya

Followers