Monday, October 24, 2016

Tanda Kerusakan Pada Antena Omni

Salam sejahtera sobat laresawoo. Akhir-akhir ini cuaca sangat tidak stabil, kadang panas sekali kadang-kadang gerimis bahkan sampai hujan deras yang disertai petir yang bersaut-sautan. Kalau sudah seperti ini si gundala pasti susah diajak kompromi, dengan sesuka hati gundala bermain listrik ke bumi. Dan pada kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman pribadi yang terjadi beberapa waktu lalu. Kebetulan saat ini saya mengelola bisnis RT/RW net kecil-kecilan. Dan untuk menjangkau pelanggan yang ada disekitar rumah maupun yang ada jauh disana, maka saya memutuskan untuk memasang 2 buah AP sebagai pemancar. Karena menurut pengalaman para master dan suhu RT/RW net, 1 buah AP jangan sampai terlalu banyak ditembak alat pemancar lain. Karena bisa mengakibatkan AP cepat lelah dan akhirnya bisa membuat performa dari AP tersebut jadi drop. Tidak hanya itu, kerusakan pada antena omni atau grid juga bisa terjadi.

Tanda Kerusakan Pada Antena OmniDua buah AP tersebut adalah Antena Omni tp-link kawin dengan Bullet M2Hp dan Antena Grid kawin dengan Bullet2. Mulai pasang AP baru sampai beberapa waktu yang lalu semua berjalan dengan lancar tidak ada kendala yang berarti. Namun hal yang tidak saya inginkan terjadi, dan ini saya juga tidak menyadarinya kala itu. Karena waktu itu memang terjadi hujan deras disertai petir yang bersaut-sautan. Dan perhitungan saya, petir-petir tersebut jauh dari tower saya. Tapi saya tetap mengantisipasi dengan cara memutus sementara arus listrik yang menuju ke 2 AP tersebut.


Memang benar setelah semuanya reda, saya hidupkan kembali AP tersebut dan langsung cek konfigurasi. Alhamdulillah semua alat yang berada di atas tower masih bisa saya akses dari komputer. Tapi keesokan harinya saya mulai melihat ada yang tidak beres pada jaringan OMNI, karena beberapa client yang jaraknya lebih dari 500m mengalami gangguan. Pada saat itu ada 2 client dengan jarak lebih dari 500m yang mengalami penurunan sinyal. Pada awalnya saya mengira kedua client tersebut yang terkena petir (meskipun tidak langsung). Kemudian saya langsung melakukan cek lapangan, dan yang terjadi adalah kedua client tersebut alatnya masih sehat wal'afiat.

Ciri-Ciri Antena Omni Mengalami Kerusakan


Akhirnya saya memutuskan untuk melakukan tes pada jalur Omni dengan beberapa langkah sebagai berikut :
  1. Melakukan crimping ulang pada kedua ujung kabel UTP (LAN) yang mengarah ke Omni
  2. Mengganti Radio AP dengan yang lain (bisa bekas / baru) yang penting masih normal
  3. Mengganti Omni dengan Omni baru / bekas (kondisi normal)
jangan lewatkan : Membangun Bisnis RT/RW Net

Dari hasil tes diatas saya mendapatkan hasil sebagai berikut :
  1. Setelah melakukan crimping pada kedua  ujung kabel ternyata hasilnya sama saja, sinyal tetap drop pada kedua client tersebut.
  2. Kemudian saya lakukan penggantian alat AP dengan AP bekas yang kebetulan saya masih punya stok, dan hasilnya masih tetap sama.
  3. Dan yang terakhir, saya mengganti Omni dengan Omni pinjaman yang masih dalam keadaan normal. Dan hasilnya sangat mengejutkan, semua client yang menuju ke Omni tersebut kembali mendapatkan sinyal yang sempurna.
Dari pengalaman tersebut, saya menarik kesimpulan bahwa salah satu ciri Antena Omni yang mengalami penurunan performa ditandai dengan penurunan sinyal yang terjadi pada client atau bisa juga dilihat dalam radio AP pada bagian Alighment Antenna. Jika alat sudah mengalami penurunan performa, pada waktu kita lihat lewat alighment antenna maka sinyal yang tertera disitu pasti diatas 80 bahkan bisa sampai diatas 90.

Penurunan performa tersebut tidak hanya terjadi karena bencana alam (petir dan lain-lain) melainkan bisa juga terjadi karena usia Antena Omni tersebut sudah tua. 

Semoga artikel diatas bisa memberikan manfaat dan menjadikan kita (sebagai penyedia layanan RT/RW net atau pengguna) bisa lebih waspada dengan alam sekitar. Jika ada pertanyaan seputar artikel ini, silahkan tulis pada kolom komentar yang sudah disediakan dibawah. Sampai jumpa pada artikel menarik berikutnya.
Artikel Menarik Lainnya
Previous Post
Next Post

2 comments:

  1. mohon pencerahan gan...
    saya membuat hotspot dengan menggunakan AP TP Link Wa7210n.. berharap pancaran sinyalnya smakin jauh.. saya gunakan antena eksternal omni TP Link TL-ANT2412D. tp setelah saya pasang jarak pancaran sinyalnya tidak ada perubahan... sama seperti tanpa mengunakan antena eksternal.
    apakah ada settingan di AP untuk pemghunaan antena omni eksternalnya?
    mohon pencerahannya gan...



    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf....untuk 7210 tidak direkomendasikan memakai antena eksternal tmbahan mas....
      Jika pengen memakai antena grid lebih baik pakai radio 740/840/841...

      CMIIW

      Delete

- Pengunjung yang hebat pasti meninggalkan komentar
- Komentar IKLAN / LINK AKTIV tidak akan di Publish
- Komentar mengandung unsur SARA tidak akan di Publish
- Komentarlah dengan bijak sesuai topik artikel
- Komentar anda menjadi undangan bagi saya

Followers