Wednesday, October 28, 2015

Tidur Pagi VS Tidur Malam

Selamat malam sobat laresawoo. Tidur merupakan aktivitas yang sangat penting bagi tubuh kita. Baik itu untuk melancarkan peredaran darah, mengistirahatkan mata atau otak, dan masih banyak lagi. Lamanya waktu tidur yang baik adalah 7 - 8 jam, tapi tidak jarang kita sebagai pengguna internet atau sebagai gamers jam tidur kita kurang dari itu bahkan mungkin jarang tidur. Saya sendiri dulu adalah seorang gamers, jadi bisa dibilang artikel ini adalah pengalaman pribadi saya.

efek tidur pagi dan tidur malamMungkin sobat blogger bertanya dalam hati tentang judul artikel ini "tidur pagi vs tidur malam". Sengaja saya ambil judul ini karena saya akan memberikan sedikit informasi tentang efek dari tidur pagi dan tidur malam menurut pengalaman saya pribadi. Bisa jadi apa yang akan saya tulis disini akan berbeda dengan pengaruh yang sebenarnya kalau dibanding dengan penjelasan dari mereka yang berkompeten dalam hal ini. Karena sekali lagi saya tekankan bahwa ini adalah pengalaman pribadi saya dan apa yang akan saya tulis adalah apa yang saya rasakan akibat dari tidur pagi dan tidur malam.

Efek Tidur Pagi Dan Tidur Malam

TIDUR PAGI

Saya dulu hampir tiap hari selalu tidur paling cepat jam 08.00 WIB dan bangun sore hari menjelang maghrib atau bahkan setelah maghrib. Dan yang saya rasakan setelah bangun tidur tersebut adalah :
Lapar. Itu sudah pasti, karena jam makan siang terlewatkan gara-gara tidak bisa bangun dan yang jelas akan di gabung dengan makan sore. Akibatnya, berat badan tidak bisa bertambah bahkan kadang-kadang malah turun.
Pusing. Mungkin ini adalah efek dari lewatnya jam makan siang dan suhu pada siang hari pada waktu kita tidur. Kondisi seperti ini tidak akan bisa cepat hilang kalau saya tidak minum obat sakit kepala.
Kurang bergairah. Entah kenapa pada waktu saya menjalani rutinitas tidur pagi, setelah bangun badan rasanya lemas seperti tak bertenaga. Mau ngapa-ngapain males malah cenderung emosian.
Kelopak mata hitam. Ini jelas terjadi pada siapa saja yang melakukan rutinitas malam hari sampai pagi alias begadang. 

TIDUR MALAM

Rutinitas saya tidur pagi saya tinggalkan setelah mendapatkan pekerjaan yang mengharuskan saya selalu bangun pagi.  Pada awalnya memang susah, karena kurang lebih 5 tahun saya kerja malam hari dan hampir selama itu juga tidur saya mulai pagi sampai menjelang  sore. Tapi lama-kelamaan akhirnya saya terbiasa dengan aktivitas tidur normal yaitu tidur malam. Kurang lebih 6 bulan saya menjalani tidur malam tapi efek yang saya rasakan benar-benar berbeda jauh dengan apa yang saya rasakan pada waktu tidur pagi.
Fresh. Itu yang saya rasakan. Meskipun harus bangun jam 6 atau bahkan jam 5 pagi, tubuh malah terasa segar.

Wajah cerah. Tidak ada lagi yang namanya kelopak hitam atau wajah kusut lagi. 

Makan teratur. Karena sebelum masuk kerja saya harus dan wajib untuk sarapan, lalu menjelang istirahat siang dilanjut dengan makan siang. Dan makan sore atau malam setelah pulang kerja.

Berat badan bertambah. Ini yang paling saya suka, karena sebelumnya berat badan saya kurang ideal.

Apa yang saya tulis di atas tidak akan berlaku bagi mereka yang memang mempunyai pekerjaan di malam hari dan mengharuskan mereka untuk tidur pada waktu pagi. Semoga pengalaman saya ini bisa menambah pengetahuan kita tentang tidur. Terima kasih sudah mau membaca corat-coret ini sampai selesai. Salam.
Artikel Menarik Lainnya
Previous Post
Next Post

0 komentar:

- Pengunjung yang hebat pasti meninggalkan komentar
- Komentar IKLAN / LINK AKTIV tidak akan di Publish
- Komentar mengandung unsur SARA tidak akan di Publish
- Komentarlah dengan bijak sesuai topik artikel
- Komentar anda menjadi undangan bagi saya

Followers