Thursday, October 22, 2015

Setting Airgrid M2HP 16Db Sebagai Penerima

Selamat malam sobat laresawoo, masih tetap dalam suasana musim kemarau dengan cuaca siang hari yang puanas dan malam hari yang duingin. Saya akan berbagi tutorial jaringan internet menggunakan radio airgrid m2hp 16db. Dan pada kesempatan ini saya akan berbagi cara setting airgrid m2hp sebagai penerima, dalam artian radio tersebut di pasang pada sisi client. Sedangkan pada sisi pemancar menggunakan antena omni, jadi setingan ini bukan untuk point to point. Lalu pada sisi client sendiri langsung menuju ke laptop atau komputer via kabel UTP.

Sedikit mengenai airgrid m2hp 16db, saya menggunakan alat ini jika jarak client lebih dari 1km. Dan untuk saat ini paling jauh jarak client yang menggunakan radio ini kurang lebih 5km, dan sinyal masih cukup bagus untuk pemakaian sendiri. Sedangkan untuk client yang berjarak kurang dari 1km, saya cenderung memakai produk tp-link TL-WA5210G.


Setting Airgrid M2HP 16Db Sebagai PenerimaUntuk jarak lebih dari 5km, dari saya pribadi cenderung memakai airgrid m2hp yang 20db. Produk airgrid ini memiliki fitur tombol adaptor reset, jadi jika antena sudah terpasang dan tiba-tiba ada kesalahan setting kita bisa reset ulang alat tersebut melalui tombol reset yang ada pada adaptor bawaan airgrid. Langsung saja simak langkah-langkahnya di bawah ini !

Cara Setting Airgrid M2HP Sebagai Penerima

1. Beri IP pada laptop atau komputer yang satu kelas dengan IP airgrid (default IP airgrid : 192.168.1.20)

2. Kemudian buka browser dan ketik IP 192.168.1.20

3. Masukkan username dan password (default : ubnt/ubnt)

4. Setelah interface airgrid terbuka, silahkan klik pada bagian Network
Setting Airgrid M2HP 16Db Sebagai Penerima
keterangan :
  • Network mode : Router
  • WAN : isi IP yang satu kelas dengan IP omni
  • NAT : enable
  • LAN : isi IP yang beda kelas dengan IP WAN
  • DHCP : disable

5. Setelah bagian Network selesai, jika IP LAN beda kelas dengan IP laptop atau komputer silahkan ganti IP laptop atau komputer yang kelasnya sama dengan IP LAN.

6. Lalu klik bagian Wireless
Setting Airgrid M2HP 16Db Sebagai Penerima
keterangan :
  • Wireless mode : Station
  • WDS : Enable
  • SSID : klik tombol Select dan pilih SSID yang sesuai
  • Country code : Indonesia atau Compliance Test

7. Setelah semuanya sudah selesai silahkan menuju pada bagian Main, jika tampilannya kurang lebih seperti gambar dibawah ini berarti internet sudah bisa jalan.
Setting Airgrid M2HP 16Db Sebagai Penerima
catatan : Semakin besar nilai Transmit CCQ berarti semakin bagus

8. Jika pada tampilan Main belum seperti di atas, dalam artian Signal Strength masih berada pada -90 bahkan lebih. Berarti perlu dilakukan pointing lebih teliti lagi.

Jika masih ragu-ragu untuk kualitas internetnya, silahkan buka CMD (command promt) lalu ketik ping -t www.google.com. Jika yang keluar 99% Reply berarti koneksi internet sudah bagus, tapi jika yang keluar 50% Reply dan 50% Request Time Out berarti koneksi internet masih belum stabil.

Sampai disini dulu corat-coret saya mengenai jaringan internet, kalau masih bingung atau ada pertanyaan seputar seting airgrid sebagai penerima silahkan tulis pada kolom komentar yang sudah disediakan di bawah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kita semua. Selamat mencoba dan semoga sukses.
Previous Post
Next Post

1 comment:

- Pengunjung yang hebat pasti meninggalkan komentar
- Komentar IKLAN / LINK AKTIV tidak akan di Publish
- Komentar mengandung unsur SARA tidak akan di Publish
- Komentarlah dengan bijak sesuai topik artikel
- Komentar anda menjadi undangan bagi saya